Download RPP Literasi 4C dan Numerasi Kondisi Normal SMP/MTs dan SM/MA Lengkap


Sebuah aktivitas kegiatan pembelajaran, membutuhkan rencana agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan merancang sebuah perencanaan melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP merupakan rencana yang menjelaskan proses dan cara pengorganisasian aktivitas pembelajaran untuk mencapai tujuan berupa kompetensi dasar yang diatur dalam standar Isi dan dijelaskan dalam silabus.

Tujuan RPP adalah untuk: (1) mempermudah dan meningkatkan hasil proses belajar dan mengajar; (2) melalui penyusunan RPP secara sistematis, profesional, maka tenaga pendidik bisa melihat, mengamati, dan menganalisa program pembelajaran sebagai kerangka kerja yang logis dan terencana kepada para siswanya.

Fungsi RPP sebagai referensi bagi tenaga pendidik untuk melaksanakan proses kegiatan belajar dan mengajar agar lebih terarah dan berjalan secara efektif.

Unsur  dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

  • Berdasarkan pada tingkat kompetensi dan kemampuan dasar yang harus dikuasai peserta didik, serta materi dan sub materi pelajaran dan  pengalaman pembelajaran yang dikembangkan dalam silabus;
  • Menggunakan berbagai jenis pendekatan yang sesuai dengan materi pembelajaran yang memberikan kecakapan hidup sesuai dengan permasalahan dan lingkungan sehari-hari para peserta didik;
  • Memanfaatkan metode dan media pembelajaran yang sesuai, yang mendekatkan para siswa dengan pengalaman langsung di lapangan maupun di lingkungan sekolah;

Langkah dalam Penyusunan RPP 

  • Menuliskan identitas mata pelajaran untuk para siswa yang meliputi: sekolah, mata pelajaran, tema, kelas dan semester, serta alokasi waktu pembelajaran.
  • Menuliskan Standar Kompetensi yang merupakan kualifikasi kemampuan minimal para siswa yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada suatu mata pelajaran yang diajarkan oleh tenaga pendidik.
  • Menuliskan kompetensi dasar yang memiliki pengertian sejumlah kemampuan yang harus dikuasai siswa dalam mata pelajaran sebagai rujukan penyusunan indikator tingkat kompetensi.
  • Merumuskan tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dapat dicapai oleh para siswa sesuai dengan kompetensi dasar. 
  • Materi Ajar yang memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan.
  • Alokasi Waktu ditentukan oleh proses pencapaian kompetensi dasar dan beban belajar.
  • Menentukan metode pembelajaran untuk mewujudkan aktivitas dan suasana belajar serta proses pembelajaran agar para siswa mencapai kompetensi dasar yang telah ditetapkan.
  • Penilaian hasil belajar idealnya disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian untuk para siswa atas capaian proses pembelajaran yang telah dilakukannya.

RPP Literasi dan Numerasi

Pengertian literasi dan numerasi sendiri berarti kompetensi yang bersifat umum dan sangat mendasar yang terkait langsung dengan kemampuan daya pikir tentang bahasa dan matematika yang dibutuhkan dalam berbagai konteks, baik secara personal maupun sosial.

Pengertian literasi bukan hanya sekedar berarti memiliki dan memahami kemampuan membaca saja, tetapi juga memiliki kemampuan untuk menganalisa tiap bacaan, dan kemudian memahami konsep di balik tulisan tersebut. Demikian halnya kompetensi numerasi memiliki arti kemampuan untuk menganalisis yang menggunakan angka-angka.

Literasi dan numerasi inilah yang menyederhanakan asesmen kompetensi minimal yang sudah dimulai tahun 2021 ini, sehingga asesmen tidak lagi berdasarkan mata pelajaran dan penguasaan materi pembelajaran.

Literasi dan numerasi juga, akan menjadi standar kompetensi minimum atau kompetensi dasar yang dibutuhkan para siswa untuk bisa belajar.

Pelaksanaan asesmen tersebut akan dilakukan oleh peserta didik yang berada di tengah jenjang sekolah contohnya kelas 4, 8, 11 tiap jenjang pendidikan, sehingga bisa mendorong tenaga pendidik untuk memperbaiki mutu pembelajarannya.

Asesmen yang dilakukan di tengah jenjang tiap pendidikan, hasilnya digunakan sekolah untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik. selengkapnya

Sumber : naikpangkat.com/

Jika Bapak dan Ibu guru tidak ingin repot membuat perangkat pembelajaran kami menyediakan perangkat pembelajaran lengkap dengan harga ekonomis, adapun kelengkapan perangkat pembelajaran Kurikulum merdeka sbb:
  • MODUL AJAR dan CP
  • PEMETAAN atau SKEMA KEBUTUHAN BELAJAR
  • PROTA
  • PROSEM
  • ATP
  • ASESSEMEN
Disertai bonus :
  • Modul pelatihan implementasi pembelajaran paradigma baru (guru)
  • Modul Sekolah Penggerak
  • Modul Paradigma Baru
  • Panduan pembelajaran asesmen
  • Panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar pancasila
  • Reperensi modul projek penguatan profil belajar pancasila
Jika berminat hub WA : 087 702 912 806 - atau Klik disini
Lihat testimoni yang sudah pesan perangkat di kami kelik disini
========================================================
Download Perangkat Pembelajaran Literasi 4C Kondisi Normal
=======================================================

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download RPP Literasi 4C dan Numerasi Kondisi Normal SMP/MTs dan SM/MA Lengkap "

Posting Komentar